Monday, April 08, 2013

Trimester Pertama

Salam,

Hallo readers, *semoga masih ada yang baca blog ini yaa.. :p
Dari postingan terakhir saya gak terasa sekarang sudah memasuki minggu ke 13 kehamilan, udah sekitar 3 bulan dan melewati trimester pertama.

Rasanya hamil terutama untuk anak pertama masing-masing orang ternyata beda-beda. Pada awal kehamilan minggu ke 4-5 rasanya badan lemas, ngantuk, pusing dan mual. Sempat ada pembicaraan di telepon dengan Ibu saya, beliau bilang "Ibu dulu hamil gak pake mual tapi langsung muntah-muntah." dan saya pun dengan PD nya bilang "Dhatu sih masih kuat nahan mual bu, gak sampe muntah." Eeehh.. hari-hari berikutnya saya benar-benar dibuat lemas dengan mual dan muntah sepanjang hari..

Nafsu makan hilang, malas bergerak, malas mandi, malas dandan... Oh no, mungkin suami saya kalo liat tiap hari pasti sumpek deh. 

Penyebab mual dan muntah yang sedikit berlebihan mungkin disebabkan karena saya punya maag, dan dulu posisi kantung janin tidak berada di tengah tapi di pinggir *kata dokter posisi kantung seperti ini gak terlalu beresiko, cuman jadinya lebih mual dan lebih rawan. Harus lebih hati-hati. Selain vitamin asam folat, saya juga diberi obat penguat janin. Dan obat penguat janin ini juga bisa menambah rasa mual.. *fiuuhhh...

Selain mual dan muntah, karena asupan makanan terutama serat tidak banyak, saya juga mengalami sakitnya susah buang air besar, dan bab berdarah sepanjang trimester pertama. Saat ini dokter masih melakukan observasi, dan akan melakukan pengobatan untuk mencegah resiko terkena ambeien.

Berat badan saya memasuki bulan ke-2 naik satu kilo, dan turun 2 kilo di bulan ketiga *dang! 
Tapi Alhamdulillah, yang turun bb hanya Ibunya aja, baby nya dari hasil usg sehat dan aktif. Kata dokter ukuran bayinya panjaaaang dan aktif banget sampe pas mau dilihat jenis kelaminnya susah saking aktifnya bergerak. *ini keturunan dan siapa yaa... tebak?!! hehe..

Saat usg dan melihat gambaran baby kami, rasanya lupa dengan semua mual muntah. Saya juga terharu melihat wajah suami yang excited. Alhamdulillaaah :))

Minggu ini dokter telah menghentikan untuk konsumsi obat penguat janin karena dinilai sudah tidak diperlukan. Dan lumayan berpengaruh untuk nafsu makan loh.. karena mual-nya mulai berkurang. Semoga minggu 14 rasa mual muntahnya hilang, amiiin...

Btw, ukuran perut belum tampak membuncit, kata dokter mungkin baru keliatan setelah 4-5 bulan karena postur badan saya cukup tinggi, hihi .. semoga perut aja ya yang membesar, bagian tubuh lain gausah ikutan jadi gede :))

at Tom-tom & Ina 's wedding

2 comments:

  1. keceee..smoga aku ketularan yaa kaa :D

    ReplyDelete
  2. aku pun pengen ngerasain mual dan muntah itu.. :(
    Bantu doa semoga saya & suami diberi kepercayaan seperti kamu ya cantiik.. :)

    ReplyDelete