Monday, March 24, 2014

Persiapan mpasi

New post!! Yiihaaa...
Nyempetin nulis blog mumpung #Lenonina lagi asik mainan teether. Lenon sekarang sudah hampir 5 bulan, Alhamdulillah perkembangan motoriknya luar biasa hihi, sudah bisa tengkurep glundung-glundung kesana-kemari. Udah bisa pegang botol, udah bisa teriak-teriak, ngoceh awawawawa dan udah ngerti kalo ada Ibunya pasti ngerengek minta gendong, piuuuuhhh...

Rasanya luar biasa ya, capek buanget tapi seneng. Persoalan yang sering saya hadapi dan kerap bikin stres adalah masalah Asi. Sampai detik ini saya masih terus menyusui Lenon, harapan saya minimal sampai 6 bulan Lenon tidak boleh sampai minum susu formula, karena menurut berbagai sumber Asi adalah air hidup yang paling sempurna yang diberikan Allah. Tapi persoalannya, produksi asi saya pas-pasan. Ada, tapi ya segitu-gitu aja. Kadang iri dengan banyak ibu yang produksi asinya sampe bisa sekali pompa 300ml. Saya sampai sekarang cuma bisa pumping sehari 60-80ml, lainnya harus disusuin langsung. Jadi bayangkan, Lenon 12 jam menyusu butuh minimal 800ml, saya harus standby dirumah 10 hari full baru bisa ngumpulin asi 1L untuk bisa keluar rumah. Tidak jarang saya menangis, beberapa kali menangis di depan suami saya dan ribuan kali memendam tangisan. Kadang saya rindu kesempatan untuk me-time, sekedar ngeteh cantik bareng teman atau menonton bioskop.

Tahapan yang berbeda akan saya hadapi sebentar lagi, yaitu masa MPASI (Makanan Pendamping Asi). Persiapannya cukup serius ya ternyata. Dari mulai beli perabotan makan, prosesornya sampai harus nyobain menu ini dan itu. Walaupun saya punya asisten rumah tangga, saya membiasakan untuk menyiapkan makan Lenon dan menyuapinya sendiri. Karena saya pengen memantau langsung kebersihan alat makannya, cara membuat makannya, bagaimana cara Lenon makan dll. Dan ternyata itu bisa mempermudah kita untuk memahami perkembangan percernaan Lenon juga.

My baby is my 100% responsibility. Pertanggungjawabannya penuh secara moral dan sosial. Semoga nanti saya bisa sharing tentang menu-menu mpasi Lenon disini ya, mohon doanya agar Lenon bagus makannya, tambah cerdas dan sehat. Terimakasih, sampai jumpa..

No comments:

Post a Comment