Monday, April 21, 2014

Persiapan mpasi dan resep puree pir kesukaan Lenonina

Salam,
Sesuai janji saya di postingan sebelumnya, kali ini saya pengen share sedikit tentang persiapan mpasi. Apabila ada kurangnya mohon maaf ya sebelumnya hihihi, secara ibu baru masih amatir nih.
Mendekati usia bayi 6 bulan, saya sering banyak cari tau tanya sana-sini tentang mpasi. Lembaga kesehatan dunia WHO menganjurkan agar para ibu memberikan asi hingga usia bayi 6 bulan. Sejalan dengan bertambahnya usia bayi, maka kebutuhan nutrisinya juga bertambah. Gizi untuk nayi tidak akan tercukupi lagi dengan asi, sehingga diperlukan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Tetapi dalan kondisi tertentu, seperti yang saya alami yaitu produksi asi mulai menurun, dan berat badan bayi kurang, mpasi bisa diberikan saat bayi berusia 4 bulan. Pada usia 4 bulan, sistem pencernaan bayi sudah berkembang dan sudah bisa menerima asupan makanan pendamping. Saya sendiri memberikan makanan pendamping untuk Lenon ketika berusia 5,5 bulan.

Tahapan pemberian mpasi disesuaikan dengan tahapan perkembangan alat pencernaan bayi, biasanya sih awal-awal berupa makanan cair terlebih dahulu. Pengenalannya pun jangan sekaligus, untuk satu jenis makanan beri waktu minimum 4 hari (4 day rule).  Makanan pertama lenon adalah pisang yang digiling pake food grinder-nya munchkin. Dan ternyata BAB Lenon keras! Sedih deh, kasian nangisnya beneran kesakitan. Jadi sebaiknya kalo memang baby ada bakat sembelit, mendingan buah pisang diberikan setelah 7 bulan saja, bagian tengah buah pisang ternyata dapat menyebabkan sembelit. Lalu akhirnya saya memberikan makanan pendamping yang cair dulu seperti air jeruk baby dan air buah pir selama 1 minggu. 

Setelah pengenalan makanan cair, barulah mengenalkan puree. Puree buah pir, wortel, kabocha dan ubi adalah makanan favorit Lenon.Untuk buah bertekstur keras sebaiknya dikukus dulu, baru diblender. Biar praktis saya pakai food processor dari little giant yang mempunyai 3 fungsi yaitu steam food-blend food-warm milk. Yang tidak kalah penting, semua alat masak dan alat makan harus steril dan selalu simpan di tempat tertutup. Untuk lebih mudah, bisa gunakan panasonic dsteril untuk penyimpan semua alat masak dan alat makan.

Berikut satu resep puree pir favorit Lenon:
Bahan:
1 Buah pir, cuci, kupas, potong-potong dadu.

Cara membuat:
Masukkan buah pir ke dalam tangki kukus little giant food processor, set steam+blend selama 15 menit. Setelah selesai mengukus, alat akan otomatis ngeblend makanannya. Apabila kurang halus, bisa kita blend kembali sesuai kebutuhan.
Tuang puree pir ke dalan mangkuk makan. Apabila porsi terlalu banyak, sebagian bisa disaring unruk diambil sarinya saja sebagai minumam pendamping. Hidangkan segera.

Puree pir disukai bayi karena teksturnya lembut, manis dan berair.

Untuk pembelian alat masak dan alat makan bayi bisa order ke: www.asibayi.com atau ke instagram @thebabybaz

xoxo,
Dhatu Rembulan

No comments:

Post a Comment