Sunday, May 17, 2015

Lenonina yang pengen berenang, sedangkan Ibuk kurang persiapan ;(


Salam,

Kemarin sore saya mengajak Lenonina jalan-jalan dan makan ke salah satu tempat favorit saya di Bandung yaitu Bumi Sangkuriang. Tempat ini selalu jadi favorit karena suasananya yang homy, luas, makanan enak bisa lari-larian bebas di halamannya yang super luas dan ada kolam renang yang bersih. Kali ini saya datang memang tidak untuk berenang karena Lenon baru sembuh dari flu minggu lalu jadi pesan bapaknya berenangnya minggu depan aja, hanya makan dan pengen ngajak lenon main bola, tapi ternyata belum juga masuk ke area tempat makan, Lenon udah kegirangan liat kolam renang. Aduuhh... Ibuk panik deh. Sama sekali gak ada persiapan untuk berenang. gak bawa baju renang, gak bawa pelampung juga.

Akhirnya Lenon dicemplungin ke pinggir kolam aja biar seneng, celana panjangnya dilepas dan cuma pake baju kodok. Begitu kena air mukanya langsung keliatan happy banget!! Ibuknya yang nyesel, pelajarannya, udah tau punya anak yang hobi air, kalo gak pengen anaknya nyemplung ke air jangan bawa main ke tempat yang ada kolamnya hehe. Persiapan itu penting, pergi ke tempat hiburan seperti ini harus selalu bawa baju ganti, perlengkapan renang seperti celana renang dan baju renang, pelampung dan pompa pelampung, handuk, minyak telon, bekal makanan dan minuman yang cukup.

Berikut sedikit tips bagi ibu yang ingin mengajak anaknya berenang di ruang terbuka:
- Pastikan anak anda sehat, tidak dalam keadaan sakit, flu, diare atau baru diimunisasi.
- Sebelum berenang pastikan anak dalam keadaan tidak lapar tapi tidak juga terlalu kenyang agar tidak muntah.
- Balurkan cream di tubuh dan wajahnya untuk menghindari iritasi dari sinar matahari.
- Pakaikan pelampung.
- Ikutlah berenang karena aktifitas bersama dapat dijadikan stimulasi psikologis.
- Tunjukkan kalo kita ikut senang bermain air bersama, jangan melontarkan kata-kata yang membuat panik seperti "awas, haduh, dll.."
- Jangan lepaskan penjagaan sedetikpun.
- Perhatikan waktu berenangnya, hentikan apabila anak menggigil walaupun hanya baru berenang sebentar.

Semoga tipsnya bermanfaat ya..
Sampai jumpa,
xoxo
Dhatu Rembulan