Tuesday, June 02, 2015

Daddy's Little Girl


Salam,
Adakah yang mempunyai kasus anak lebih dekat dengan Ibu dikarenakan Bapak sibuk bekerja dan jarang berada dirumah?
Alhamdulillah hal ini tidak terjadi dengan anak saya Lenonina. Meskipun suami saya jarang dirumah, tiap Lenonina melihat Bapaknya pulang, ada dirumah, dia tidak pernah merasa asing. Ini tidak mengalir begitu saja, ada beberapa hal yang saya terapkan untuk tetap menjaga kedekatan anak dengan Bapaknya meskipun mereka jarang bertemu, diantaranya adalah sbb:



1. Hubungan Suami Istri/Orang Tua harus baik terlebih dahulu, dalam artian tidak sering bertengkar, berkomunikasi dengan baik, dan menjaga walaupun sibuk tapi jangan sampai stres agar mood tetap terjaga.
2. Biasakan berpamitan dengan anak sebelum pergi, walaupun anak kadang menangis kalau melihat orang tuanya bepergian.
3. Update terus kegiatan anak selama dirumah. Bisa melalui chatting. Misal hari itu apa saja yang anak mainkan, tempat apa saja yang dikunjungi, apa yang dia ucapkan dll. Hal ini bermanfaat untuk bahan berdialog dengan anak ketika Bapaknya pulang kerumah.
4. Kirim foto-foto kegiatannya.
5.  Jika ada waktu luang, sempatkan untuk komunikasi via telepon atau facetime.
6. Ceritakan kegiatan Bapak kepada anak, perlihatkan juga gambarnya. Misalnya saya selalu memberitahu Lenonina foto-foto Bapaknya di panggung atau ketika tampil di televisi.
7. Ketika tiba di rumah, hilangkan mimik muka yang lelah, sapa anak dan berikan pelukan hangat dan katakan kalau Bapak/Ibu kangen sekali. Jangan langsung ditinggal ke kamar dan tidur.
8. Jika ada waktu luang, prioritaskanlah waktu untuk anak dan keluarga, sebagai pengganti waktu kMungkin setelah mempunyai anak, dunia sosial/pertemanan memang akan menjadi nomor 2 :)

Terkadang saat menerapkan hal diatas anak kadang tidak terlalu menanggapi, namun, saya yakin sebenarnya cepat atau lambat, sedikit atau banyak, anak mengerti bahwa orang tuanya pergi untuk bekerja bukan pergi untuk meninggalkan anak demi kesenangan semata.

Okey, sekian yang sharingnya, ini diambil dari pengalaman saya yang kebetulan memang suami jarang dirumah. Apabila ada yang kurang berkenan mohon maaf :)

See ya,
Dhatu Rembulan

No comments:

Post a Comment