Thursday, September 17, 2015

I am pregnant, i am princess and i am happy

Kehamilan saya sudah memasuki usia 33 minggu, duedatenya tinggal 6 minggu lagi. Kalo di kehamilan pertama dulu saya sibuk cari tau seperti apa rasanya kontraksi, rasanya pecah ketuban, gimana caranya lahiran gak sakit dll. Kali ini saya lebih memikirkan bagaimana saya bisa lebih bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas asi saya, bagaimana menghindari baby blues (maklum seperti di tulisan saya sebelumnya saya sempet cerita kalo saya super sensitif dan mudah marah). Bagaimana mengatur rumah tangga dengan 2 orang anak yang nantinya jarak umurnya tidak terlalu jauh dll. Apakah saya bisa?


Yang saya temukan dari pencarian itu semua tidak jauh dari yang namanya "ikhlas". Hal-hal yang sudah kita atur, kita bikin daftarnya, tidak akan bisa berjalan jika tidak dibarengi dengan kekuatan hati dan jiwa. Kekuatan hati dan jiwa sangat mempengaruhi pikiran kita, semakin kuat akan semakin positif pula energi yang kita miliki. Apabila kita mendapat hal yang kurang menyenangkan disitulah kita harus punya kekuatan ikhlas untuk segera membuang hal yang tidak menyenangkan itu.

Banyak hal menyenangkan yang bisa kita lakukan sambil menunggu detik-detik melahirkan diantaranya:
- Tetaplah produktif. 
Produktif bukan berarti harus dengan mobilitas tinggi, dari rumah pun bisa produktif. Blogging, browsing, lebih banyak ngajak main anak, bikin daftar menu harian, bersih-bersih rumah (nah ini yang kita sering males, rumah yang bersih dan rapi itu ngaruh juga loh ke pikiran).
- Sesekali keluarlah dengan teman.
Teman itu penting, tapi berteman bukan berarti harus gaul sana-sini. Teman yang mendukung penuh masa-masa kehamilan kita bisa membantu mengurangi stress dan baby blues.
- Hindari social media (bila perlu)
Untuk yang mengalami kehamilan super sensitif seperti yang saya alami, menghindari socmed itu perlu. Ubah kebiasaan "segala macem dipost" "segala macem di-kepoin" dengan postingan yang lebih bermanfaat atau log out sampai kita merasa siap dengan socmed.
- Olahraga
Bergabunglah dengan kelas yoga atau pilates yang diselenggarakan oleh pihak RS, disitu kita bisa bertemu dengan para calon ibu yang lain, energinya luar biasa positif dan sangat menyenangkan.
- Perbanyak ibadah dan membaca Al'Quran
Ini 100% hal yang tidak tergantikan.

Jadi sudah tidak perlu lagi mikirin mood swing mood rollercoaster dll yaa, buang omongan "Saya hamil, saya princess, saya mudah marah" dengan "Saya hamil, saya memang princess, saya bahagia dan positif." 

Semoga bermanfaat,
Salam 
Dhatu Rembulan

1 comment:

  1. Semoga kehamilannya dilancarkan ya kak dhatu sampe melahirkan nanti:)

    ReplyDelete