Saturday, July 29, 2017

Sentuhan Penuh Harapan


Salam,
Bosen nih nungguin Lenonina yang lagi sekolah dan Jaggira yang lagi ikutan toddler class, aku ngapain ya...
What, Jaggira udah ikutan toddler class aja, cepet banget ya udah gede!

Masih inget banget rasanya kayak baru kemaren ngelahirin Jaggira, setelah sebelumnya harus diinduksi dulu karena aku gak mules-mules huhuhu. Begitu lahir, denger tangisannya, trus Jaggira si bayi merah nempel di dada, itu rasanya subhanallah... begitu besar anugrah Allah yang diberikan padaku, melahirkan anakku yang kedua kalinya dengan selamat, menganugerahiku bayi mungil yang cantik.

Momen melahirkan, baik anak pertama maupun kedua adalah momen yang berharga di hidupku. Saat menyentuh bayiku untuk pertama kali, saat itu pula aku berjanji akan selalu memberikan kasih sayang yang tak terputus. 
Walaupun sama-sama perempuan, Lenonina dan Jaggira punya berbagai macam perbedaan. Dari sisi sifat dan bakat juga kondisi fisik terlihat menunjukkan banyak perbedaan. Salah satunya adalah kondisi kulit. Lenonina mempunyai jenis kulit yang normal, jarang sekali Lenon bermasalah dengan kulitnya. Lain halnya dengan Jaggira yang kulitnya sangat sensitif. Jaggira tidak bisa dimandikan dengan suhu air yang terlalu dingin maupun terlalu panas, suhu airnya harus pas sekitar 32 derajat celcius. Sabun dan shampoonya pun harus benar-benar mild, gentle dan free from fragrance, kalo hal ini sampai terlewat maka kulit Jaggira akan langsung keluar ruam-ruam kemerahan. 

Pernah nih ya, di usia 1 bulan, Jaggira mengalami ruam merah di seluruh badannya karena aku mengganti sabun dan tidak memakaikan lotion di badannya, sedih deh :( karenanya sampai sekarang aku selalu memberikan perhatian ekstra untuk kulit tidak hanya Jaggira tapi Lenonina juga. 

Aku baru tau kalo ternyata usia 28 hari pertama (neonatal) merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi. Data WHO 2015 menyebutkan, terdapat 70 ribu bayi di Indonesia meninggal sebelum menginjak usia 28 hari. Salah satu faktornya adalah kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit bayi yang menyebabkan kondisi kulit bayi kering dan rentan terkena penyakit atau kuman.

Akupun mempercayai bahwa sentuhan bisa memberikan kebahagiaan, ketenangan, dan kenyamanan kepada bayi. Dengan perasaan bahagia dan nyaman itu, bayi bisa tumbuh dan berkembang lebih baik dan optimal dibandingkan bayi yang jarang mendapatkan sentuhan atau belaian dari orang tuanya. 
Pic: instagram @johnsonsbaby_id
Pic: instagram @johnsonsbaby_id
Manfaat dari sentuhan atau balaian untuk seorang bayi diantaranya:
· Sentuhan atau belaian orang tua mampu menstimulasi perkembangan bayi.
Salah satu bukti nyatanya adalah pada kasus bayi yang terlahir premature yang lebih membutuhkan banyak sentuhan, terutama dari orang tuanya. Dengan sentuhan tersebut, berat badan bayi premature akan meningkat lebih besar sekitar 47 % dibandingkan bayi premature yang tidak atau jarang mendapatkan sentuhan.
· Sentuhan dapat merangsang perkembangan otak bayi.
Salah satu sentuhan yang dapat kita berikan ke bayi contohnya adalah pijatan yang memang nyata memberikan manfaat positif bagi tumbuh kembang bayi.
           · Sentuhan juga memberikan pengaruh positif bagi perilaku bayi.
Berdasarkan beberapa studi ilmiah, bayi yang banyak diberikan sentuhan dan belaian akan lebih mudah dikontrol perilakunya. Bayi yang sering mendapatkan sentuhan juga akan tidur lebih nyenyak dan menjadi tidak rewel. Kita sering denger kan kalo bayi habis dipijat tidurnya akan lebih nyenyak. Masih ada lagi loh, sentuhan juga akan meningkatkan perhatian dan focus bayi dalam berinteraksi dengan orang sekitarnya.
· Sentuhan akan meningkatkan rasa percaya diri bayi.
Perasaan disayangi, dihargai dan diperhatikan membuat bayi merasa diterima di lingkungan sekitarnya sehingga nantinya akan semakin memupuk rasa percaya diri sang bayi.
· Sentuhan akan merangsang bayi mengenal indera perabanya.
Dengan memberikan sentuhan kita juga telah mengajarkan dan merangsang bayi untuk mengenali indera perabanya. Bekal pertama yang diperoleh bayi untuk mengasah indera perabanya adalah dengan memberikan sentuhan kepada bayi.
· Sentuhan akan semakin mendekatkan orang tua dengan anaknya.
Sentuhan berupa pijatan lembut yang diberikan kepada bayi setiap hari akan membuat bayi menjadi lebih dekat dengan orang tuanya. Ikatan (bonding) yang semakin dekat dan kuat tersebut akan membuat orang tua mampu lebih mengerti bahasa tubuh bayi. Orang tua juga akan lebih mudah membaca tanda-tanda (komunikasi) yang diberikan bayinya. Dengan komunikasi yang lebih baik tersebut, orang tua akan semakin paham dan mengerti apa yang dibutuhkan bayinya sehingga tumbuh kembang bayi akan menjadi semakin optimal.
Beberapa tips sentuhan dan pijatan sederhana yang dapat kita lakukan untuk anak-anak kita diantaranya:
·       Memijat saat dan setelah mandi,
·       Membelai kepalanya sambil membacakan buku,
·     Mencium sambil diajak bercanda, memberi pelukan sebelum tidur dan ketika kita akan bepergian tanpa mengajak anak. 
Hal diatas adalah hal-hal sederhana namun sangat berarti bagi tumbuh kembang anak-anak kita.
Melihat pentingnya pengetahuan untuk hal diatas, aku semangat banget untuk mendukung campaign “JOHNSON’S® Baby Sentuhan Penuh Harapan”, dengan menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat, terutama selama masa neonatal. 
Cara ikutan campaign ini gampang banget, kita bisa mengajak para Ibu lain untuk berpartsipasi secara aktif untuk menyebarkan awareness tentang Sentuhan Penuh Harapan dengan cara: 
–  Menyebarluaskan pentingnya sentuhan Ibu melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat melalui media sosial.
–  Berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan, dimana JOHNSON’S® Baby menggandeng Alfamart dan Save the Children, memberikan para Ibu cara termudah bagi seluruh ibu untuk berpar5sipasi, yaitu dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk JOHNSON’S® Baby jenis apapun di seluruh gerai Alfamart di Indonesia, JOHNSON’S® Baby akan mendonasikan Rp 500,- ke Save the Children. 
Dengan mendukung campaign ini. berarti kita telah berkontribusi dan membantu berikan harapan bagi bayi yang kurang beruntung di Indonesia untuk hidup, tumbuh dan melihat dunia. 
Nah, semoga tulisan ini bermanfaat yaa.. Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, silakan cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu @johnsonsbaby_id (Instagram), @JohnsonsBaby_ID (Twitter) dan https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia (Facebook)” 

No comments:

Post a Comment