Saturday, September 23, 2017

Andalan Sahabat Wanita



Kemaren aku sempet share di instagram soal aku pake alat kontrasepsi IUD Andalan. Banyak banget pertanyaan, sakit engga, amankah? dll.

Kalo boleh cerita sedikit, aku pake IUD itu setelah melahirkan anak keduaku, Jaggira. Dulu pas anak pertama aku masih gak berani pasang KB, takuuuuttt banget. Setelah anak kedua aku mengumpulkan keberanian untuk pasang IUD, waktu itu mikirnya karena aku cukup subur, kalo gak diatur bisa hamil kapanpun hahahaha... 

Yang kedua, aku pengen bisa kerja lagi, kalo di tengah jalan tiba-tiba aku hamil lagi, wah pasti anakku gak akan bisa keurus, gak maksimal ngasih perhatiannya. Sekarang aja aku sering merasa kurang waktu untuk quality time bareng anak-anak.

Setelah diskusi dengan suami, atas permintaannya juga aku akhirnya memilih untuk memakai alat kontrasepsi IUD. Browsing-browsing katanya IUD yang paling aman dan gak mengganggu hormon, temen-temenku juga banyak yang pake IUD aman-aman aja. Setelah browsing di web www.tundakehamilan.com aku memutuskan untuk pake IUD Andalan yang katanya 99% terbukti bisa menunda kehamilan dan gak ada efek samping. Akhirnya tepat setelah 40 hari melahirkan Jaggira aku memasang IUD di rumah sakit ditemenin suamiku. Pas nunggu giliran asliiii aku pucet deg-deg an banget, lebih deg-degan daripada pas mau ngelahirin. Tapi karena aku udah niat jadi mau gak mau harus berani!! 


Tiba giliranku dipanggil dokter, aku tanya "dok berapa lama pasangnya?" dokternya bilang "satu jam." Hah lama bangettt, ternyata dia bercanda, aslinya cuma satu menit pasangnya dan gak sakit sama sekali. "Udah dok? yakin?" hahahahaha...

Pulang dari RS aku dan suami ketawa sendiri inget betapa mukaku pucet banget pas masuk ruangan. Oiya, setelah memasang IUD Andalan kami tidak berhubungan suami istri selama kira2 seminggu, takut karena baru dipasang biar terbiasa dulu. Setelahnya kami berhubungan seperti biasa dan sama sekali tidak ada gangguan, suami juga bilang so far gak terganggu :) 


Dokter bilang, ada kemungkinan di bulan awal menstruasi dan keputihan akan berlebih, dan memang bener, 3 bulan pertama menstruasiku luar biasa banyak, tapi Alhamdulillah lewat 3 bulan normal kembali. 

Sampai sekarang gak terasa udah 2 tahun aku pakai KB IUD Andalan, siklus menstruasi normal, gak pernah kesakitan, gak bikin gemuk, gak jerawatan juga. Kalo dicari efek sampingnya hampir gak ada. Alhamdulillah. Suami juga tenang, gak takut nanti akan punya anak diluar rencana. 


Nah, buat ibu-ibu yang pengen pasang alat kontrasepsi, aku rekomendasiin pake produk dari Andalan, karena Andalan paling lengkap, ada pil KB, suntik, IUD/spiral, kondom juga ada. Tapi memang yang paling praktis adalah IUD Andalan karena gak repot, kontrolnya cuma 1 tahun sekali. Andalan sangat cocok untuk menjadi sahabat wanita.

Tapi inget ya, tiap ibu beda-beda, sebelum KB harus konsultasi dulu ke dokter.


Menjadi ibu merupakan anugerah bagi perempuan, untuk membantu mewujudkan kebahagiaan keluarga perencanaan menjadi prioritas utama,  jangan sampai anak menjadi korban dari orang tua yang tidak siap. Berkomunikasi dengan pasangan juga harus selalu dilakukan agar keharmonisan tetap terjaga. 

Semoga artikel ini bermanfaat yaa, jangan takut lagi untuk ber-KB ibu-ibuu karena Andalan adalah sahabat wanita :)


No comments:

Post a Comment