Monday, September 25, 2017

Pentingnya Edukasi tentang Menstruasi Sejak Dini



Inget gak sih pertama kali kita menstruasi? 
Aku inget banget karena dulu pertama mens aku super kaget karena rata-rata temenku pertama menstruasi itu kelas 1 atau 2 SMP sedangkan aku waktu itu baru kelas 6 SD. Aku sempet takut, tapi dulu inget kata-kata ibu dan kakak perempuanku katanya "Gapapa karena memang tiap perempuan siklus dan hormonnya berbeda." Alhamdulillah aku punya Ibu dan kakak perempuan yang membantuku melewati masa-masa menstruasi di masa sekolah.

Sekarang udah beda lagi, sekarang aku udah jadi Ibu dengan 2 orang putri. Anak aku yang pertama sudah sedikit paham ada beberapa hari dimana ibunya tidak ikutan sholat berjamaah di rumah. Karena ibu lagi mens dan pake diapers hahahaha, "diapers tapi buat ibu-ibu Kak..." aku bilangnya :)
Kalo dari kecil anak udah paham konsep dan hukum agama dari menstruasi, Inshaallah nanti ketika tiba saatnya akhil baligh mereka akan siap menghadapinya. Minimal tau apa yang harus dilakukan ketika mendapati menstruasi.

Aku sempet dapet info beberapa tentang fakta-fakta mens saat sekolah. Ternyata ya banyak siswi di Indonesia yang merasa terganggu sekolahnya saat mens. Ini aku ngalamin banget!! Buat yang anaknya udah mau puber, ini sedikit tips ya untuk ngejelasin ke mereka:

Fakta pertama, 25% remaja putri tidak pernah membahas tentang menstruasi sebelum mereka mendapatkan mens pertamanya. Wah aku pikir ini cuma dijaman aku kecil aja ternyata masih sampe sekarang, jadi kewajiban kita buat lebih mendekatkan diri ke anak dan berbagi pengalaman tentang menstruasi.
Fakta kedua, toilet yang tidak bersih dan nyaman. Bayangin, menurut survey hanya 1 dari 4 toilet di sekolah yang berfungsi dengan baik. Iya sih ini aku ngalamin, toilet sekolahku dulu super jelek, alhasil males buat ganti pembalut. Makanya kemaren pas aku survey sekolah buat Lenon, yang pertama kali aku liat adalah toiletnya :)
Fakta ketiga, menstruasi mempengaruhi partisipasi dan konsentrasi siswa perempuan di sekolah. Ya memang menstruasi itu bikin ga nyaman duduk berlama-lama di kelas, belum lagi kalo ada rasa deg-deg an takut tembus, ga bawa pembalut ntar jadi bahan tertawaan temen-temennya, sedih deh...

Nah sekarang nih sebagai ibu apalagi yang punya anak perempuan, kita harus tau ilmu tentang menstruasi, edukasi kebersihan menstruasi itu harus kita ajarkan sejak dini. 

Kenapa kita menjaga kebersihan khususnya di area kewanitaan ketika sedang menstruasi itu sangat penting? Karena ketika sedang menstruasi kita mengeluarkan darah, kalo gak bersih bisa memicu kuman bekembang lebih banyak dan bisa mengakibatkan terjadinya infeksi pada vagina yang ditandai dengan gejala keputihan, rasa gatal, rasa tidak nyaman, maupun bau tidak sedap pada vagina. Sehingga penting untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan.

Sebagai ibu juga kita harus mensupport kebutuhan anak kita ketika sedang menstruasi, seperti kebutuhan akan pakaian dalam dan pembalut yang nyaman, juga antiseptik untuk menjaga organ kewanitaan mereka.

Untuk bantu menjaga kebersihan bisa menggunakan antiseptik kewanitaan. Kalo aku sendiri sih aku pakai BETADINE Feminine Hygiene yang botolnya berwarna pink. BETADINE Feminine Hygiene ini juga aman digunakan pada remaja atau mulai dari pertama menstruasi, karena sebenarnya sejak baru lahir kita sudah menggunakan BETADINE. Tapi ingat walau aman digunakan setiap hari, namun aku menggunakannya saat dibutuhkan, seperti sedang mens, gatal, keputihan, karena sudah ada flora normal yang bisa membantu melindungi sehari-hari. Kalau aku pakai saat Red Days aja alias saat mens. Biar bebas keputihan dan gatal usai menstruasi.

Jadi gimana sudah siapkah kita menjawab semua pertanyaan anak-anak kita tentang menstruasi, inget ya pembahasan tentang menstruasi ini bukan hal tabu, kalo anak kita masih kecil kita juga bisa share dimulai dari keluarga terdekat, ke sepupu atau keponakan. Biar mereka gak asal cari tahu sendiri dari internet yang ga jelas sumbernya.  
Yang terakhir, menstruasi juga merupakan tanda kedewasaan seorang anak perempuan, jadi begitu tau mereka mengalami menstruasi pertama beri selamat boleh loh atau dengan pelukan juga akan sangat membantu. Kasi tau kalo mereka sudah dewasa, harus lebih berhati-hati dan selalu menjaga organ kewanitaannya. Semangat ya ibu-ibu!! Semoga artikel ini bermanfaat.


No comments:

Post a Comment